Tuesday, November 19, 2013

BAB 2 (Hubungan Biro Iklan dengan Kliennya)


BAB 2 (Hubungan Biro Iklan dengan Kliennya)

Sering di sebut bahwa klien adalah “nyawa” sebuah biro iklan. Ini berarti hidup matinya sebuah perusahaan periklanan tergantung pada 2 faktor yang berkaitan dengan klien. Pertama, ada tidaknya kepercayaan klien pada kemampuan dan “integritas” biro iklan tersebut sebagai mitra kerja dalam upaya pemasaran dan periklanan produk-produknya. Kedua, tersedia tidaknya dana promosi yang cukup di pihak klien untuk melaksanakan kampanye periklanan tersebut. Perusahaan periklanan yang memiliki klien dengan dana promosi yang cukup besar dapat dikatakan sangat beruntung, karena dana itulah nantinya yang akan dikelolah oleh perusahaan periklanan tersebut. Sehingga dengan sendirinya akan memberikan presentase keuntungan (revenue) yang memadai bagi biro iklan tersebut. Perusahaan periklanan sebenarnya cukup memiliki satu atau dua klien saja yang dana promosinya benar-benar dapat menjamin keberlangsungan perusahaan periklanan tersebut. Namun bahayanya, bila terjadi sebuah konflik sehingga klien tersebut pergi dan memutuskan hubungan kerja dengan perusahaan, maka akan mengancam perusahaan periklanan tersebut kea rah menuju kebangkrutan. Kecuali bila biro iklan ersebut dapat dengan cepat mendapatkan klien baru dengan dana yang cukup besar. 

No comments:

Post a Comment

window.setTimeout(function() { document.body.className = document.body.className.replace('loading', ''); }, 10);