Tuesday, November 19, 2013

BAB 3 (Berbagai Jenis Media Iklan)


BAB 3 (Berbagai Jenis Media Iklan)

Perusahaan di bidang media adlah mitra usaha yang utama bagi biro iklan. Jenis media yang diproduksi biasanya dikelompokan menjadi dua kelompok besar, yakni media cetak dan media elektronik.
Kekuatan dan kelemahan media itu juga harus diketahui dan dipertimbangkan oleh Creative Team di Creative Department, karena hal ini berkaitan dengan teknik eksekusi kreatifnya. Walaupun media berbeda beda dalam tampilan fisik maupun prosesnya, pesan dan kpnsep kreatif iklan harus tetap sama dan konsisten.

3.1 Media Cetak

Media cetak adalah kumpulan berbagai media informasi yang dibuat dan disampaikan kepada khalayak sasaran melalui tulisan dan seringkali disertai dengan gambar sehingga dapat dilihat dan dibaca. Informasinya bersifat umum, dapat juga khusus (majalah profesi,bulletin keilmuan, newsletter, dsb) . Ada pula media yang hanya memuat informasi komersial ataupun campuran keduanya, seperti Koran dan majalah.
Berbeda dengan informasi di radio, informasi di media cetak bisa menampilkan gambar dan informasinya bisa lebih rinci. Dan juga informasi di media cetak juga lebih mudah untuk disimpan dan didokumentasikan (clipping). Kelebihan lain media cetak adalah ideal untuk menunjukan atau memperlihatkan produk.
Contoh media cetak yang utama adalah surat kabar, majalah, tabloid, brosur, newslatter, leaflet, flier, dsb. Sedangkan media seperti spanduk,billboard, poster, dan sebagainya, dalam dunia periklanan biasanya disebut Media Luar Ruang (MLR) atau outdoor media.

3.2 Media Elektronik

Media elektronik terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu media yang hanya bisa di dengar (audio) , khususnya media radio dan media yang selain bisa di dengar juga dapat di lihat (audio-visual), seperti televisi. Di kota besar sering terdapat MLR berbentuk papan reklame (billboard) yang dapat menampilkan gambar bergerak seperti televisi. Jenis media ini disebut Megatron. Media radi dan televisi membuat sasaran komunikasi tidak perlu aktif.
Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, media audio-visual ini terus berkembang. Teknologi internet misalnya, kini telah memanfaatkan computer (PC) sebagai media yang juga dapat menyampaikan dan menerima pesan-pesan iklan audio-visual langsung ked an dari rumah rumah dan perkantoran dengan jangkauan global.

3.3 Media Lainnya

Bila anda berkeliling ke kota kota besar dimana saja di dunia ini, sadar atau tidak, anda telah menyerap ratusan atau mungkin ribuan pesan iklan yang terpampang di poster, billboard selebaran, dll. Inilah jenis Media Luar Ruang (MLR) atau Outdoor Media.
Di Amerika ada media iklan yang di sebut Sandwichman. Seseorang membawa dua bilah karton lebar yang diikat tali dan digantungkan di pundak tubuhnya. Kedua bilah karton itu begitu lebar sehingga menutupi tubuh bagian depan dan belakang dan membuat badan orang tersebut menjadi seolah-olah terjepit atau terbungkus seperti sandwich.
Itulah salah satu alat atau media periklanan jaman dulu di Amerika yang masih terlihat hingga sekarang.
Golongan media outdoor ini sudah tak terhitung jrnis dan jumlahnya. Bagi pengiklan, setiap orang bisa merupakan media iklan. Termasuk diri kita sendiri. Ketika kita memakai baju T-shirt dengan logo Adidas atau Polo Shirt maka dengan tanpa sengaja kita telah menjadi media iklan produk tersebut. 

No comments:

Post a Comment

window.setTimeout(function() { document.body.className = document.body.className.replace('loading', ''); }, 10);