BAB 3 (Berbagai Jenis Media Iklan)
Perusahaan di bidang media adlah mitra usaha yang utama bagi
biro iklan. Jenis media yang diproduksi biasanya dikelompokan menjadi dua
kelompok besar, yakni media cetak
dan media elektronik.
Kekuatan dan kelemahan media itu juga harus diketahui dan
dipertimbangkan oleh Creative Team di
Creative Department, karena hal ini
berkaitan dengan teknik eksekusi kreatifnya. Walaupun media berbeda beda dalam
tampilan fisik maupun prosesnya, pesan dan kpnsep kreatif iklan harus tetap
sama dan konsisten.
3.1 Media Cetak
Media cetak adalah kumpulan berbagai media informasi yang
dibuat dan disampaikan kepada khalayak sasaran melalui tulisan dan seringkali
disertai dengan gambar sehingga dapat dilihat dan dibaca. Informasinya bersifat
umum, dapat juga khusus (majalah profesi,bulletin keilmuan, newsletter, dsb) .
Ada pula media yang hanya memuat informasi komersial ataupun campuran keduanya,
seperti Koran dan majalah.
Berbeda dengan informasi di radio, informasi di media cetak
bisa menampilkan gambar dan informasinya bisa lebih rinci. Dan juga informasi
di media cetak juga lebih mudah untuk disimpan dan didokumentasikan (clipping).
Kelebihan lain media cetak adalah ideal untuk menunjukan atau memperlihatkan
produk.
Contoh media cetak yang utama adalah surat kabar, majalah,
tabloid, brosur, newslatter, leaflet, flier, dsb. Sedangkan media seperti
spanduk,billboard, poster, dan sebagainya, dalam dunia periklanan biasanya
disebut Media Luar Ruang (MLR) atau outdoor
media.
3.2 Media Elektronik
Media elektronik terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu
media yang hanya bisa di dengar (audio) , khususnya media radio dan media yang
selain bisa di dengar juga dapat di lihat (audio-visual), seperti televisi. Di
kota besar sering terdapat MLR berbentuk papan reklame (billboard) yang dapat menampilkan gambar bergerak seperti televisi.
Jenis media ini disebut Megatron.
Media radi dan televisi membuat sasaran komunikasi tidak perlu aktif.
Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, media
audio-visual ini terus berkembang. Teknologi internet misalnya, kini telah
memanfaatkan computer (PC) sebagai media yang juga dapat menyampaikan dan
menerima pesan-pesan iklan audio-visual langsung ked an dari rumah rumah dan
perkantoran dengan jangkauan global.
3.3 Media Lainnya
Bila anda berkeliling ke kota kota besar dimana saja di
dunia ini, sadar atau tidak, anda telah menyerap ratusan atau mungkin ribuan
pesan iklan yang terpampang di poster, billboard selebaran, dll. Inilah jenis
Media Luar Ruang (MLR) atau Outdoor Media.
Di Amerika ada media iklan yang di sebut Sandwichman. Seseorang membawa dua bilah
karton lebar yang diikat tali dan digantungkan di pundak tubuhnya. Kedua bilah
karton itu begitu lebar sehingga menutupi tubuh bagian depan dan belakang dan
membuat badan orang tersebut menjadi seolah-olah terjepit atau terbungkus
seperti sandwich.
Itulah salah satu alat atau media periklanan jaman dulu di
Amerika yang masih terlihat hingga sekarang.
Golongan media outdoor
ini sudah tak terhitung jrnis dan jumlahnya. Bagi pengiklan, setiap orang bisa
merupakan media iklan. Termasuk diri kita sendiri. Ketika kita memakai baju
T-shirt dengan logo Adidas atau Polo Shirt maka dengan tanpa sengaja kita telah
menjadi media iklan produk tersebut.
No comments:
Post a Comment