BAB 5 (Profesi Penulis Naskah Iklan / Copywriter)
Seseorang yang menulis berbagai jenis naskah (teks) iklan
untuk kemudian dicetak atau dimuat di media cetak atau diperdengarkan di radio
atau televise disebut penulis naskah iklan / Copywritter. Kalau teks iklan tersebut berbentuk screenplay, yaitu sejenis
drama atau dialog untuk dimuat di media elektronik, atau disebut scriptwriter atau screenwriter.
Seorang copywriter memerlukan mitra yang mempunyai keahlian
dibidang pembuatan gambar dan layout. Mitra copywriter ini biasa disebut Art
Director atau Visualizer atau “Pengarah Seni”. Sesungguhnya seorang copywriter
tidak hanya dituntut untuk bisa menulis naskah iklan untuk media ceta saja,
namun juga naskah iklan untuk media elektronik, khususnya radio dan televisi.
Teknik penulisan untuk media cetak dan media elektronik tentu saja berbeda.
Yang satu untuk dibaca (media cetak) yang satu lagi untuk diperdengarkan (media
elektronik). Gaya bahasa untuk media elektronik tentu adalah gaya bahasa lisan
atau yang biasa disebut colloquial.
Dalam proses produksinya naskah iklan untuk media cetak tentu untuk dicetak.
Sedangkan naskah iklan untuk medkia elektronik adalah untuk diperdengarkan oleh
media yang bersangkutan.
No comments:
Post a Comment