Tuesday, November 19, 2013

BAB 7 (Anatomi Naskah Iklan Media Cetak )


BAB 7 (Anatomi Naskah Iklan Media Cetak )

Sebelum membahas tekhnik penulisan naskah iklan media cetak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu anatomi sebuah iklan cetak. Ini ada kaitannya dengan pengenalan istilah-istilah yang biasa digunakan dengan pembuatan iklan tersebut. Iklan cetak memiliki unsure-unsur utama yang menggunakan istilah istilah sebagai berikut:
a.      Headline atau judul (harus ada kaitan dengan bodycopy)
b.      Visual, ilustrasi, gambar atau foto orang(model) yang berkaitan dengan konsep kreatif/ foto produk itu sendiri.
c.       Bodycopy atau teks yang memberikan informasi lebih rinci tentang produk atau jasa yang dijual.
d.      Product shot atau foto produk (dapat sekaligus menampilkan nama merk).
e.      Baseline yang biasanya terletak paling bawah di layout iklan (termasuk tagline, slogan, catch phrase)
Unsur lain yang sering muncul dalam iklan :
f.        Kupon, yang bila pengiklan menginginkn respone langsung (direct respone) dari sasaran atau untuk kepentingan survey konsumen dengan pencantuman kode tertentu.
g.      Flash yaitu misalnya perkataan “Baru” , “Harga Diturunkan”, dsb yang ditulis dalam bentuk grafis tertentu untuk mendapat perhatian khusus konsumen

1 comment:

  1. Baccarat | Wura Ferrari
    Baccarat is 카지노 an exciting, and worrione rewarding variation of the traditional casino game. For players who love to try one, Baccarat is kadangpintar the best

    ReplyDelete

window.setTimeout(function() { document.body.className = document.body.className.replace('loading', ''); }, 10);