BAB 4 (Berbagai Jenis Iklan)
4.1 Iklan Komersial dan Nonkomersial
Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan mendukung
kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Iklan komersial yang dimuat atau
disiarkan melalui media audio (radio) atau audio-visual (televisi) . Sedangkan iklan
nonkomersial banyak jenisnya termasuk iklan undangan tender, orang hilang,
lowongan kerja, duka cita, mencari orang hilang dsb. Namun dalam tulisan ini,
kita hanya akan membahas iklan nonkomersial yang merupakan bagian dari kampanye
Social marketing yang bertujuan “menjual” gagasan atau ide untuk
kepentingan atau pelayanan masyarakat (public service). Iklan jenis ini biasa
disebut Iklan Layanan Masyarakat (ILM) atau Public
Service Advertising (PSA).
Biasanya ILM ini berupa ajakan atau himbauan kepada
masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan
umum. Dan juga pesan ILM ini masih diberi embel-embel seperti logo, slogan,
bahkan nama sponsornya.
4.2 Iklan Corporate
Iklan corporate adalah iklan yang bertujuan membangun citra
suatu perusahaan yang pada akhirnya tentu diharapkan juga membangun citra
positif produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Kampanye
iklan corporate idealnya dilakukan simultan bersama kampanye PR . iklan
corporate baru efektif bila didukung fakta fakta yang kuat, yang mempunyai
nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang
berorientasi pada kepentingan masyarakat atau kekompok tertentu dalam
masyarakat. Misalnya iklan yang melaporkan kegiatan suatu perusahaan industry
susu saat memberikan sumbangan pendidikan keterampilan kepada para peternak
sapi perah.
No comments:
Post a Comment