Tuesday, November 19, 2013

BAB 4 (Berbagai Jenis Iklan)


BAB 4 (Berbagai Jenis Iklan)

4.1 Iklan Komersial dan Nonkomersial

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Iklan komersial yang dimuat atau disiarkan melalui media audio (radio) atau audio-visual (televisi) . Sedangkan iklan nonkomersial banyak jenisnya termasuk iklan undangan tender, orang hilang, lowongan kerja, duka cita, mencari orang hilang dsb. Namun dalam tulisan ini, kita hanya akan membahas iklan nonkomersial yang merupakan bagian dari kampanye Social marketing yang bertujuan “menjual” gagasan atau ide untuk kepentingan  atau pelayanan masyarakat (public service). Iklan jenis ini biasa disebut Iklan Layanan Masyarakat (ILM) atau Public Service Advertising (PSA). 
Biasanya ILM ini berupa ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum. Dan juga pesan ILM ini masih diberi embel-embel seperti logo, slogan, bahkan nama sponsornya.

4.2 Iklan Corporate

Iklan corporate adalah iklan yang bertujuan membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya tentu diharapkan juga membangun citra positif produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Kampanye iklan corporate idealnya dilakukan simultan bersama kampanye PR . iklan corporate baru efektif bila didukung fakta fakta yang kuat, yang mempunyai nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang berorientasi pada kepentingan masyarakat atau kekompok tertentu dalam masyarakat. Misalnya iklan yang melaporkan kegiatan suatu perusahaan industry susu saat memberikan sumbangan pendidikan keterampilan kepada para peternak sapi perah. 

No comments:

Post a Comment

window.setTimeout(function() { document.body.className = document.body.className.replace('loading', ''); }, 10);